Novita: Penting atau Mendesak

Seorang pepatah mengatakan pengetahuan adalah kekuatan tanpa batas. Nampaknya pepatah tersebut sangat pantas disandangkan untuk gadis cantik yang sekarang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro. Perempuan berparas manis ini sangat pandai membagi waktu antara kuliah, bermain atau bersosialisasi, mengikuti seminar, dan juga untuk kompetisi atau lomba-lomba. Satu hal yang sangat unik dari Novita adalah bahwa Vita panggilan akrabnya ini sering kali aktif dalam kegiatan organisasi baik intra maupun ekstra serta yang begitu mengagumkan adalah bahwa Vita tidak pernah meninggalkan kewajibannya sebagai muslimah yang baik. Mengaji Al-Quran dan juga aktif menghadiri majelis ilmu adalah sesuatu yang telah Novita tekuni.

Mengaji tidak tebatas pada mengaji Al-Quran, tetapi juga mengaju tentang mengenali diri kita, mengetahui potensi diri. Cara yang biasa dilakukan Novita adalah dengan meluangkan waktu setidanya satu jam untuk menekuni dan mengasah kemampuan yang disukai. Hal yang tidak kalah penting menurut Novita adalah bukan sekadar apa hal yang bisa kita dapatkan, namun juga apa hal yang bisa kita berikan kepada orang lan yang tentunya bermanfaat untuk banya orang lain. Perempuan alumni BPUN Pati 2016 ini selalu mengatur kegiatannya sesuai dengan skala prioritas. Kegiatan dengan prioritas tertinggi akan dikerjakan terlebih dahulu, lalu yang lain akan mengikuti sesudahnya.

Kegiatan positif yang selalu ditekuni oleh Vita saat waktu luang adalah dengan introspeksi diri, mencatat seagala sesuatu yang sudah dilalui dalam keseharian, capaian yang sudah didapatkan, serta plan apa yang harus dikerjakan untuk kedepannya. Gadis asli Pati ini juga sering meng-update informasi-informasi terbaru dan juga isu lingkungan yang kemudian akan dijadikan bahan dalam menyusun karya. Novita menyadari bahwa setiap harinya selalu ada hal-hal yang tidak terduga. Oleh karena hal tersebut hal penting yang harus diperhatikan adalah dengan mendahulukan kepentingan yang paling penting. Novita selalu menyediakan buku khusus untuk mencatat ativitas hariannya. Kategori yang digunakan oleh mahasiswa berprestasi ini dalam mengklasifikasikan ativitasnya adalah penting mendesak, penting, mendesak, tidak penting dan mendesak, serta tidak penting dan tidak mendesak.

Catatan penting dari gadis sederhana ini adalah bahwa ketika kita menunda suatu pekerjaan, maka orang lain akan mendahului kita. Jadilah hebat dan lawan keterbatasan dalam dirimu, pungkasnya.



PENGHARGAAN DAN PENGAKUAN



  • 16 Besar Finalis DINU RIC (Research Incubator Center ) di Universitas Diponegoro Seluruh Indonesia (2016) 
  •  7 besar Finalis LKTI Cosmos di Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro (2016)
  • 2nd Best Speaker LKTI Cosmos 2016 di Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro (2016)
  • Juara 2 MTQ Cabang Tartil 2017  di Universitas Diponegoro (2017)
  • Juara 2 Lomba Tilawah “ Ramadhan On Campus Ramadhan Berkah Penuh Makna di Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro (2017)
  • Juara 1 MTQ Gebyar Ramadhan FK Undip 2017 di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (2017)
  • Juara 1 Cipta Puisi “Karena Kiai Aku Bisa Ngaji” oleh SNU seluruh Indonesia (2017)
  • Juara Harapan II Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) BEM-KM FAPERTA ULM seluruh Indonesia (2018 )
  • Finalis 10 besar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Scarce HMJ Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang seluruh Indonesia (2018)
  • Semifinalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Green Scientific Competition 2018 oleh Badan Semi Otonom Engineering Research Club (EneRC) Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang seluruh Indonesia (2018)
  • PIMNAS 31 di Universitas Negeri Yogyakarta oleh kemristekdikti seluruh Indonesia (2018)

 

Oleh: Lita Citra Dewi (Alumni BPUN Pati 2017)

0 Response to "Novita: Penting atau Mendesak"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel